17 Jenis Batu Akik Sulaiman Hanya 3 Yang Langka dengan Keistimewaan Alaminya



Wacana - Terlepas dari mitos tentang Nabi Sulaiman, batu akik sulaiman memiliki beberapa jenis, dimana nama atau jenisnya ditentukan dari corak atau serat yang terdapat pada batu akik tersebut. Ada pun jenis-jenis batu akik sulaiman adalah:



1. Sulaiman Daud atau Batu Akik Sulaiman Daud



Batu jenis pertama ini memiliki ciri khas berwarna hijau agak kehitaman dengan beberapa garis putih menyerupai asap di tengah atau disamping batu. Batu akik sulaiman daud cukup mudah dikenali dengan corak putih pada batuannya, sekilas batu ini seperti memiliki gumalan asap didalamnya.


2. Sulaiman Wulung atau Batu Akik Sulaiman Wulung



Sesuai namanya batu akik sulaiman ini memili warna seperti warna bambu wulung, yaitu berwarna hitam sedikit ungu, hitam yang mengkilap membuat batu akik sulaiman wulung tampak elegan jika di kenakan oleh para pria.


3. Sulaiman Madu atau Batu Akik Sulaiman Madu



Batu akik sulaiman berikutnya adalah batu akik sulaiman madu, memiliki warna coklat tua seperti warna madu, itu sebabnya dinamakan sulaiman madu. Batu ini akan tembus jika terkena cahaya (senter). 


4. Sulaiman Combong atau Batu Akik Sulaiman Combong



Seperti kita tahu bahwa batu combong adalah salah satu batu yang memiliki ciri khas lubang ditengah-tengah batu, begitu pula dengan batu akik sulaiman combong, batu ini memiliki lubang yang tembus dari bawah hingga ke atas batu. Warna batu sulaiman bermacam-macam, mulai dari coklat tua, coklat muda bahkan ada yang memiliki tiga warna yaitu coklat muda, coklat tua, dan warna putih yang berbaur menjadi satu. 


5. Sulaiman Mata atau Batu Akik Sulaiman Mata



Batu akik sulaiman mata adalah salah satu jenis batu akik sulaiman yang cukup unik, dinamakan sulaiman mata karena batu akik ini memiliki corak yang menyerupai mata, yaitu terdapat lingkaran dalam batu dengan satu titik bulat ditengah-tengah batu. Warna batu akik sulaiman ada beberapa macam namun biasanya perpaduan dari dua atau tiga warna, umumnya berwarna coklat kemerahan dengan titik merah ditengah, ada juga yang berwarna krem dengan titik berwarna orange ditengahnya.


6. Sulaiman Pancawarna atau Batu Akik Sulaiman Pancawarna



Sesuai namanya, batu akik sulaiman pancawarna adalah batu yang memiliki lima macam warna didalam batunya, motif atau coraknya ada beberapa macam, ada yang berbentuk garis membujur dari atas kebawah, ada juga yang memiliki corak seperti gumpalan asap dengan lima macam warna yang berbeda.





7. Sulaiman Junjung Derajat atau Batu Akik Sulaiman Junjung Derajat



Jenis batu akik sulaiman berikutnya adalah akik sulaiman junjung derajat, batu ini memiliki corak khas adanya garis yang menyerupai tanda panah menghadap keatas, bisa dua atau tiga garis. dan memiliki warna yang cukup bervariasi, mulai dari orange hingga ke merah muda.


8. Sulaiman Kurung atau Batu Akik Sulaiman Kurung



Batu akik sulaiman kurung adalah batu akik yang memiliki corak cukup unik, terdapat garis yang membentuk sudut dan mengelilingi tengah-tengah batu (mirip kurungan), sehingga dinamakan sulaiman kurung. Warna sulaiman kurung juga ada beberapa, namun yang paling dominan adalah berwarna orange dengan garis kurung berwarna kontras(putih atau merah kecoklatan).


9. Sulaiman Susu atau Batu Akik Sulaiman Susu



Dinamakan demikian karena batu akik yang satu ini memiliki warna yang sangat mirip dengan warna susu, yaitu berwarna putih pekat, sekilas batu ini mirip dengan batu jenis lainnya, tapi jika diperhatikan secara seksama pada batu sulaiman susu warna putihnya benar-benar menyerupai susu.


10. Sulaiman Hitam atau Batu Akik Sulaiman Hitam



Berbeda dengan sulaiman susu yang memiliki warna putih pekat, batu akik sulaiman hitam memiliki warna hitam kelam atau hitam pekat, warna yang cukup tegas terlihat pada batu akik ini. 


11. Sulaiman Kuning atau Batu Akik Sulaiman Kuning



Tentu Anda sudah tahu bahwa batu ini pasti berwarna kuning. Tepat sekali, batu sulaiman kuning adalah salah satu jenis batu sulaiman yang memiliki warna dominan kuning. Warna kuningnya terlihat begitu menawan.


12. Sulaiman Hijau atau Batu Akik Sulaiman Hijau


Hampir mirip dengan sulaiman kuning, namun batu ini memilki warna dominan hijau, ada yang hijau pekat, ada juga yang berwarna hijau kehitaman. Umumnya batu akik sulaiman hijau akan tembus jika terkena cahaya.


13. Sulaiman Biru atau Batu Akik Sulaiman Biru


Sesuai namanya batu akik ini memiliki warna biru, ada juga yang tercampur dengan warna hitam, ya, biru kehitam-hitaman. 


14. Sulaiman Emas atau Batu Akik Sulaiman Emas


Memiliki warna kuning seperti warna emas, ada juga yang sedikit tercampur dengan warna hijau tua, namun umumnya didoninasi warna kuning emas. Batu akik sulaiman emas cukup sulit dicari, karenanya batu ini adalah salah satu batu sulaiman yang memiliki harga cukup tinggi.


Yang 3 lagi adalah Akik Sulaiman Sembahyang, Wahyu Sulaiman dan Rajah Sulaiman.
Dan ketiga jenis terakhir inilah yang langka bisa dipastikan hanys ada satu di dunia, keistimewaan serta ciri keaslian ketiga batu menurut kitab kuno silahkan hub. penulis..





Sumber : Berbagai refrensi online & Kitab Kuno
17 Jenis Batu Akik Sulaiman Hanya 3 Yang Langka dengan Keistimewaan Alaminya 17 Jenis Batu Akik Sulaiman Hanya 3 Yang Langka dengan Keistimewaan Alaminya Reviewed by Timexpose on Desember 23, 2016 Rating: 5