Arwah Kembali ke Dunia Pada Bulan Ramadhan, Benarkah ?

RELIGI, Sangkawi.comArwah Kembali ke Dunia Pada Bulan Ramadhan, Benarkah ?



 Mungkin kita pernah mendengar mitos atau penuturan bahwasanya, arwah seseorang yang telah meninggal berkumpul kembali bersama keluarga selama bulan ramadhan. Benarkah?

Bukankah seseorang yang sudah meninggal, dia terpisah dari kehidupan dunia ini, dan berada di alam barzakh.

BACA JUGA : Subhanalloh, Malaikat Bersholawat Bagi Yang Melaksanakan Ibadah Makan Sahur



Khabar yang menyebut bahawa roh akan kembali ke pangkuan keluarga di bulan Ramadhan adalah khurafat, yang sama sekali tidak memiliki dalil.

Andaikatapun roh itu boleh kembali dan tinggal bersama keluarganya selama masa tertentu, tentu yang paling layak mendapatkan keadaan ini adalah roh para Nabi, para sahabat, atau para syuhada atau para auliya.

Bagi Roh orang yang beriman, mereka akan menerima balasan yang baik di alam barzakh.
Dan bagi mereka yang mengerjakan maksiat maka mereka akan diazab di alam barzakh.
Sebagaimana sabda Nabi S.A.W
"Roh orang yang beriman adalah burung yang sangkut di pokok-pokok syurga,memakan buah-buahannya, dan Roh orang kafir akan pergi ke neraka"

BACA JUGA : Masjid Unik, Konon Dibentuk Oleh Bangsa Jin


Firman Allah SWT yang artinya :
"Allah SWT memegang jiwa (ruh) ketika matinya (seseorang) dan memegang jiwa(ruh) orang yang belum mati di waktu tidurnya, maka Dia tahanlah jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan.." ( Az-Zumar : 42 ).

 Ayat diatas jelas menerangkan bahwa roh berada di dalam pegangan Allah SWT dan Allah tidak membenarkan sama sekali Roh untuk kembali ke dunia.

Imam Mujahid (Tabien dan anak murid Ibn Abbas r.a) dan Ibn Zaid berkata tentang ayat ini : "Barzakh adalah seperti satu tembok yang menghalang orang yang mati kembali ke dunia."

BACA JUGA : Pernahkah Mendapati Bulatan Ini Dihasil Jepretan Kameramu


Akan tetapi terdapat juga ulama yang berpandangan bahwa roh orang yang telah mati dengan izin Allah SWT boleh bertemu dengan roh orang hidup ketika mereka sedang tidur (melalui mimpi). (Kitab Ar-Ruh, Ibn Qayyim, ms 20)

Hanya ada tiga perkara yang menghubungkan dunia dengan alam roh yaitu :

-Sedekah jariah
-Ilmu yang bermanfaat
-Doa-doa daripada anak-anak yang soleh.

Walluhu a'lam

Sumber : Berbagai Refrensi
Arwah Kembali ke Dunia Pada Bulan Ramadhan, Benarkah ? Arwah Kembali ke Dunia Pada Bulan Ramadhan, Benarkah ? Reviewed by Timexpose on Mei 31, 2017 Rating: 5