Lempengan Emas Bertulis Huruf Jawa Kuno

Info, Sangkawi.com - Prasasti berupa lempengan emas. Di atas lempengan emas terdapat tulisan timbul dengan huruf jawa kuna berbunyi “yama”.

Penemuan lempengan Emas


Dewa Yama merupakan dewa kematian, salah satu dewa lokapala yang berkedudukan di selatan. Dewa Yama sering ditampilkan dengan atribut pasa (jerat),khetaka (perisai), khadga (belati), dan trisula(tombak mata tiga). Diperkirakan dibuat pada abad IX Masehi.

SEPUTAR PENINGGALAN SEJARAH DAN BUDAYA NUSANTARA

SEPUTAR FAKTA UNIK DAN MISTERI

SEPUTAR WISATA DAN FENOMENA POPULER

   Ditemukan di bagian belakang dinding sumuran Candi Garuda, Kompleks Candi Prambanan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Juni 1991. Dicatat sebagai koleksi BPCB D.I.  Yogyakarta pada 19 Maret 2002, dengan nomor inventaris koleksi BG. 1758. Prasasti ini memiliki ukuran panjang 3,124 cm, lebar 1,702 cm, tebal 0,021 cm, berat 0,49 gram, dan tingkat kemurnian emas 16 karat (Au. 69,28%). Dibuat dengan menggunakan teknik tempa dan gores. (Ferry A.)

Sumber:

BPCB DIY. 2015. Katalog Koleksi Emas BPCB DIY. Yogyakarta: BPCB DIY.
Lempengan Emas Bertulis Huruf Jawa Kuno Lempengan Emas Bertulis Huruf Jawa Kuno Reviewed by Timexpose on Oktober 06, 2017 Rating: 5