Mitos Gunung Margo Wayang

Sangkawi.com - Gunung Margo Wayang adalah sebutan dari deretan Gunung dan perbukitan yang berjajar di sebelah utara Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang – Jatim.



Jika pembaca setia sangkawi.com, pernah bertandang ke Pujon, tentunya sudah pernah menyatakan bahwa disana terdapat banyak sekali bukit dan gunung yang mengelilingi Kecamatan tersebut.



Memang dari struktur daerah Kecamatan Pujon,  tergolong dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan.  Membuat daerah Kecamatan pujon memiliki udara yang sejuk dan segar dan bebas dari polusi udara, karena di daerah Kecamatan Pujon tidak ada satupun pabrik yang proses perindustrinya menimbulkan dampak pencemaran lingkungan.

Dari beberapa ketinggian pegunungan dan perbukitan di Kecamatan Pujon itu sendiri bisa dilihat keindahan  seluruh Kecamatan Pujon, misalnya dari puncak kahyangan gunung kawi yang terletak tepat di sebelah selatan Kecamatan Pujon.



Selain Gunung Kawi, Gunung Dwarawati, gunung Malang dan perbukitan indah lainya yang mengelilingi Kecamatan Pujon. Terdapat pula gunung yang berjajar, seperti barisan gunungan wayang. Oleh karena perwujudanya tersebut, di Pujon menamakannya dengan sebutan Gunung Wayang.

Konon dari cerita para pendahulu, jajaran gunung yang membentang menapal batas Pujon, dari ujung timur berbatasi  gunung biru dan barat sendiri dibatasi gunung kukus tersebut. Dulunya tempat bertapanya para tokoh pewayangan.

Selain perwujudanya berjajar seperti tatanan wayang kulit dalam pagelaran buana dalam dengan pakeliran langit yang menjadi asal mula penamaanya. Nama dari bukit – bukit di sekitarnyapun banyak yang dinamai dengan nama-nama tokoh pewayangan. Misal, bukit bagong, bukit semar, pitruk, mintorogo dan lain-lain.



Cerita tersebut juga didukung dengan penamaan gunung di kanan kirinya.  Juga, tempat – tempat yang ada disekitar memperkuat keberadaanya, seperti telaga semedi ( semedinya bagawan sakri ), sendang widodari ( begawan mintorogo), telaga madiredo ( Subali dan Sugriwa) dan lain sebagainnya. Dimana tempat-tempat tersebut memiliki legenda asal-asul yang menceritakan sosok tokoh dan lakon pewayangan.



Selain, tempat – tempat yang memiliki legenda pewayangan. Gunung Margo Wayang memiliki pesona yang luar biasa. Terlebih ketika saat hari cerah dengan kabut tipis serta naungan biru langitnya.

Tidak jarang, dari wisatawan yang berkunjung kesana, akan selalu menyempatkan diri, selfi bersama dengan Background panorama indah Gunung Margo Wayang.

” Margo artinya jalan, Wayang adalah tokoh kesatria. Margo Wayang berarti Gunung tempat menempa diri para tokoh kesatria menuju jalan keutamaan “. (Ade
Mitos Gunung Margo Wayang Mitos Gunung Margo Wayang Reviewed by Timexpose on Maret 31, 2018 Rating: 5