Mencari Pengalaman Seru yang Kamu Pasti Bisa | KABAR ONLINE



Sangkawi.com - Belajar menjadi penyiar atau presenter ternyata seru lho..Selain banyak manfaat positif yang akan kita dapat, tentunya juga ragam pengalaman menarik akan menjadi kisah-kisah yang menyemarakkan keceriaan dalam perjalanan hidup.

Dan, gak pakek perlu rumit dech.. Kita bisa menyiapkan dan melatih diri sendiri untuk ikutan audisi atau rekrutmen.

Kok bisa latihan sendiri sich? Bukannya bisa ikutan kursus atau pelatihan penyiar? Bagus, kalau seandainya kamu bisa ikut dalam kursus. Akan tetapi bagi kamu yang tidak bisa karena berbagai alasan yang biasanya :

 Pertama, nggak semua orang bisa ikutan kursus. Mungkin karena nggak ada waktu (maklum, kehidupan mahasiswa dan pelajar suka lebih sibuk atau nggak ada tempat kursus yang oke, atau nggak ada dana. Gak usah hilang semangat dan berkecil hati. Kamu bisa terapkan 4 langkah dasar berikut, yang tentunya akan sangat bisa membantu kamu untuk bisa menjadi presenter dan itu bisa kamu lakukan sendiri berlatih dirumah disela sibuk keseharianmu.

 Karena penting, nih! meskipun sudah ikutan kelas penyiar, kamu tetap harus latihan sendiri dan belajar sendiri secara rutin.

Inilah 4 pelajaran dan latihan yang harus dilakukan secara rutin untuk menjadi penyiar atau presenter

1. Latihan bicara dengan artikulasi yang jelas. Saat latihan bicara, anggap saja kamu sedang ngobrol atau pidato. Atau kalau mau sambil baca teks juga nggak apa-apa. Pastikan setiap kata yang kamu ucapkan jelas. Trus, jangan bicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Untuk mengevaluasi, coba rekam suaramu.

2. Terapkan hal-hal yang kamu latih dalam keseharian. Biasakanlah berkomunikasi dengan jelas! Misalnya, dengan melafalkan kata-kata dengan benar dan mengontrol kecepatan bicara.

3. Pakai bahasa formal. Nggak harus setiap saat, sih, tapi seenggaknya, kalau kamu mendapat kesempatan berbahasa formal—seperti kalau lagi presentasi atau diskusi di kelas—coba maksimalkan kesempatan tersebut.  Kenapa? Supaya kamu nggak kaku saat harus berkomunikasi dalam bahasa formal. Penyiar harus punya kemampuan ini, lho!

4. Latihan menyampaikan teks a la penyiar. Coba, deh, baca koran atau majalah dengan gaya berbicara seperti penyiar. Sesuaikan gaya penyampaiannya dengan teks yang dibaca. Kalau lagi baca berita serius, pembawaan kamu juga harus seperti pembawa berita. Kalau lagi baca artikel santai, pembawaan kamu harus relaks dan personal, seperti lagi ngobrol. Oya, ada tips, nih. Untuk siaran bergaya santai, kamu bisa bicara sambil tersenyum supaya intonasi kamu ikut terdengar rileks.

So...Selamat berlatih, semoga bermanfaat dan Sukses👍
Mencari Pengalaman Seru yang Kamu Pasti Bisa | KABAR ONLINE Mencari Pengalaman Seru yang Kamu Pasti Bisa | KABAR ONLINE Reviewed by Timexpose on Oktober 06, 2018 Rating: 5