Sahabat Kita Pengrajin Bantengan Dari Pujon


Pujon-Kesenian Bantengan salah satu kesenian tradisional warisan leluhur yang masih di jaga eksistensinya dalam dunia hiburan, terlebih di Kecamatan Pujon Kabupaten malang.Kesenian yang mengedepankan kreatifitas dan keunikan tarianya tersebut masih banyak memiliki penggemar dan fans yang fanatik terkait kiprahnya dalam satu penampilan di acara hiburan.

Karena dalam Kesenian bantengan  menampilkan atraksi tari dengan memegang replika kepala banteng yang di iringi musik . Maka  peran para pengrajin (replika banteng)pun mendapat kursi utama di dalam mewujudkan dan dalam menampilkan kesenian tersebut.

Hal demikian memacu semangat para pengrajin, terutama pengrajin banteng untuk terus mengembangkan kreatifitasnya dalam membuat replika banteng. Karena replika banteng yang di buat akan menjadi simbolis dan akan menjadikan daya tarik bagi persatuan kesenian Bantengan. Tidak heran,seiring trennya bantengan hingga membuat bermunculan pengrajin-pengrajin replika banteng dengan segala keunikan kreatifitasnya.

Salah satu dari pengrajin itu sebutlah Cak Tumo. Pria yang keseharianya bekerja menjaga lapak sayuran ini, ternyata juga memiliki keahlian dalam seni ukir membuat replika kepala banteng. Di sela kesibukanya ia selalu luangkan waktu untuk memenuhi pesanan dalam membuat replika kepala banteng.

"Sedikit agak ekstra mas... untuk membuat replika kepala bantengan saat ini, di samping harus unik dan mirip sekarang ini menyesuaikan tren di lapangan.Bantengan juga di tuntut untuk membuat (replika kepala banteng) yang lebih besar ukuranya".

Kenapa harus demikian, menurutnya" semakin besar bantenganya akan semakin unik dan menarik, sehingga bisa menimbulkan minat tersendiri bagi penikmat banteng untuk mengundangnya dalam satu acara hiburan" lanjut cak Tumo pada Sahabat Suportrealita.

"Kendala untuk membuat replika sekarang adalah bahanya, karena bahan yang bagus untuk membuat replika kepala bantengan hanyalah kayu dadap. Sedang sekarang untuk kayu tersebut sudah jarang dan kalau kita memaksa untuk membuat replikanya dari bahan kayu lain, tentunya harus siap dengan resiko berat beban ketika memegangnya di saat penampilan hahaha.." pungkas Cak Tumo pengrajin Bantengan yang beralamatkan di Dukuh Lebo Desa Madiredo Kecanmatan Pujon (13-01) 24/3/2016.(sk)


Sahabat Kita Pengrajin Bantengan Dari Pujon Sahabat Kita Pengrajin Bantengan Dari Pujon Reviewed by Timexpose on Maret 24, 2016 Rating: 5