Kang Pit Sahabat Kita dari Kesenian Pencak Silat "Singa Manunggal Djaya" Pujon



Kesenian- Pencak adalah kesenian budaya asli indonesia yang mengadopsi gerakan- gerakan dari gerakan silat, namun cara memainkannya dengan diiringi musik dan gerakannya pun masih sederhana. Gerakan yang boleh di bilang  masih menggunakan gerakan dasar dari gerakan silat tersebut,di lakukan secara berulang-ulang.

Organisasi Kesenian Pencak Silat "SINGA MANUNGGAL DJAYA". Satu di antara sekian kesenian pencak silat yang ada di Kecamatan Pujon. Masih memegang tradisi dan jurus-jurus kembangan warisan nenek moyang untuk melestarikanya.

Kesenian Pencak Silat "SINGA MANUNGGAL DJAYA" yang di prakarsai oleh Pitoyo(43) dan rekan-rekanya ini, telah mewarnai kreasi music dari kesenian pencak silat khususnya yang ada di Kecamatan Pujon, dengan Percussion (gabungan dari alal-alat music kesenian tradisional.

Pada umumnya, dalam satu penampilan kesenian pencak, alat musik yang di pakai hanya, kendang, kenteing dan jidor. Namun seiring semangat Pitoyo, ayah dari dua putra ini mengkolaborasi alat-alat tersebut, dengan alat-alat yang lain, seperti saron, tong,uglug dan lain-lain. Sehingga dari bunyi iringan musik kesenian pencak yang di prakarsainya lebih menjadi unik dan ramai.

Pitoyo,pengiat kesenian  pencak yang beralamatkan di Dusun Krajan Pujon Kidul mengaku, kecintaanya pada pencak silat sudah ada semenjak ia kecil."dari kecil saya sudah senang pencak, saya ingin kesenian warisan leleuhur ini tetap ada dan lestari di Pujon khususnya di Pujon Kidul.

"Oleh karena itu,saya menggagas bersama rekan-rekan untuk mendirikan suatu kesenian pencak silat ini. Alhamdulillah, dari dulu sampai sekarang pencak silat masih termasuk kesenian yang masih di gandrungi dan di minati oleh Masyarakat. Sehingga untuk terus menarik minat dari Masyarakat dan generasi, agar tertarik untuk melestarikanya, saya kolaborasi musiknya. akan tetapi tradisinya tetap, jurus-jurus kembanganya pun juga masih berpegang pada apa yang di wariskan pendahulu." jelas Pitoyo, pada Sahabat Suportrealita di kediamanya.(sk)


Kang Pit Sahabat Kita dari Kesenian Pencak Silat "Singa Manunggal Djaya" Pujon Kang Pit Sahabat Kita dari Kesenian Pencak Silat "Singa Manunggal Djaya" Pujon Reviewed by Timexpose on Maret 19, 2016 Rating: 5