Sahabat Kita Dari Pencak Silat Putra Panji Pujon




 Fotto: Samiudin Ketua Paguyuban Pencak Silat PUTRA PANJI Desa Madiredo Kecamatan Pujon.
Pujon- Upaya penggiat kesenian tradisional khususnya Kesenian Pencak Silat di Pujon Kabupaten Malang. Semakin mendapat respon positif dari Warga Masyarakat Pujon.
 Hal ini di buktikan dengan semakin berkembangnya Kreasi dan Kreatifitas pera penggiat kesenian tersebut. Bertahanya Kesenian-Kesenian yang berbasic Pencak silat di pujon, Mulai  mampu menarik minat dari generasi yang umumnya alergi terhadap kesenian tradisional seperti saat ini.
Akan tetapi di pujon, Kesenian tersebut terus mendapat minat tinggi dari Masyarakatnya. Di samping telah mampu memunculkan generasi-generasi yang cinta akan kesenian pencak warisan leluhur.

Pelestarian kesenian pencak di pujon, juga tidak luput dari peran serta Bapak Samiudin (40). Pria yang kesehariannya bekerja sebagai  seorang pelayanan jasa angkut sayur di STA mantung ini. Telah lama aktif dalam pelestarian kesenian khususnya pencak.
“saya ikut pencak itu sudah dari kecil, ketika masih duduk di bangku SD saya sudah sering tampil pada tiap acara pementasan. Kesenian yang saya ikuti namanya  Putra Panji yang sudah berdiri sejak tahun 1963an. Baru kemudian saya di percaya oleh sesepuh dan anggota untuk menjadi ketua dan ini sudah berjalan kurang lebih 20 tahun”.

Kesenian Pencak Silat PUTRA PANJI yang berada di Dusun bengkaras Desa madiredo Kecamatan Pujon RT 14 RW 05 tersebut. sudah berdiri sejak tahun 1963 yang turun menurun tetap di lestarikan dari generasi ke generasi. Sehingga kesenian pencak silat yang di Ketuainya ini sekarang mempunyai  anggota kurang lebih 70 anggota aktif.

Dalam setiap pementasan kesenianya, Putra Panji masih berpegang teguh pada tradisi pencak yang di wariskan oleh Nenek Moyang, seperti masih menampilkan kembangan jurus  dan kreasi iringan music clasik, Gending Jati ngarang dan Sundo. Untuk memeriahkan di setiap penampilan kesenianya Putra Panji di akhir hiburan menyajikan hiburan tambahan “Singo Barong dan Bantengan” Ungkap Samiudin pada Sahabat Suportrealita 19:30 Kamis,24/03/2016 di kediamanya.

Samiudin berharap “ Ke depan semoga kesenianya bisa terus maju dan berlanjut di lestarikan dari generasi ke generasi” Pungkasnya. (rf/sk)



baca juga:

Sahabat Kita Dari Pencak Silat Putra Panji Pujon Sahabat Kita Dari Pencak Silat Putra Panji Pujon Reviewed by Timexpose on Maret 25, 2016 Rating: 5