Tips Membuat Singkong Goreng Renyah dan Manfaatnya

Sangkawi.com - Singkong goreng merupakan salah satu olahan singkong yang juga cukup mudah untuk diolah. Singkong bisa direndam terlebih dahulu dengan air garam atau bumbu seperti kunyit, bawang putih dan garam yang dihaluskan. Setelah direndam beberapa saat singkong bisa langsung digoreng di dalam minyak panas.


Ada juga cara lain yaitu dengan mengukusnya, terlebih dahulu agar singkong benar-benar empuk dan bumbunya meresap sebelum digoreng.

Kandungan yang terdapat pada singkong atau ubi kayu antara lain kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, besi, lemak dan vitamin B. Kandungan yang cukup banyak tersebut membuat ubi kayu cukup sehat sebagai makanan pokok ataupun makanan pendamping.

Musim hujan dan cuaca dingin paling nikmat kalau nyemil yang anget-anget dan mengenyangkan, bukan? Salah satu cemilan yang laris manis dan bayak diburu adalah Singkong goreng. Meskipun membuat singkong goreng sangatlah mudah, namun sayangnya tak semua orang berhasil membuat singkong goreng yang empuk dan merekah. Untuk membuat singkong empuk dan merekah dibutuhkan beberapa tips dan trik tertentu. Hem, kira-kira apa saja tips membuat singkong goreng empuk dan merekah? Agar lebih jelasnya, simak step by stepnya berikut ini :

- Pilih Singkong yang masih bagus

Agar singkong goreng memiliki rasa yang n ikmat dan punel, pastikan Anda memilih singkong yang masih bagus, tidak busuk atau berkayu.

- Kupas singkong hingga bersih

Untuk menghindari rasa pahit atau getir pada singkong pastikan Anda mengupasnya hingga bersih. Kemudian kerok tipis-tipis untuk menghilangkan rasa pahit pada singkong.

- Kukus Sebentar

Setelah dibersihkan, Anda bisa mengukus singkong hingga setengah matang. Proses ini untuk membantu agar proses menggoreng jadi lebih cepat.

- Rendam dalam bumbu pilihan

Agar singkong lebih gurih dan merekah saat digoreng, Anda bisa merendam singkong ke dalam bumbu celupan yang diberi air dingin atau air es. Rendam hingga 30 menit atau hingga singkong merekah.

- Goreng dalam minyak hingga terendam

Agar singkong goreng matang dan kering sempurna, pastikan goreng kedalam minyak yang banyak hingga terendam .

- Resep Singkong Goreng.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 kg singkong, kupas dan potong-potong
Air dingin /es untuk merendam singkong

Bumbu yang dihaluskan :

3 siung Bawang putih
1 sdm Ketumbar
Garam secukupnya
Tips Membuat Singkong Goreng Renyah dan Manfaatnya Tips Membuat Singkong Goreng Renyah dan Manfaatnya Reviewed by Timexpose on November 19, 2019 Rating: 5