Fakta Kacang-Kacangan

WACANA - Fakta Kacang - kacangan

1. Tanaman kacang tanah kemungkinan berasal dari Brazil atau Peru, kendati hingga kini belum ada catatan fosil yang bisa membuktikannya. Kacang tanah dibudidayakan hingga jauh ke utara, seperti Meksiko, ketika Spanyol memulai eksplorasi benua Amerika di abad XV.

2. Kelompok ilmuwan yang melakukan penggalian arkeologi di Israel menemukan bukti-bukti yang menunjukkan kacang-kacangan telah menjadi bagian utama menu makanan sejak 780.000 tahun lalu.

3. Fosil yang berasal dari remah-remah kacang kenari tertua di dunia ditemukan di Irak. Kemungkinan fosil itu berasal dari masa 50 ribu tahun sebelum Masehi.

4. Hampir semua orang menyebut Hawaii sebagai tempat asal kacang Macadamia. Padahal sebenarnya, tanaman itu berasal dari hutan hujan di Queensland, Australia. Macadamia baru tiba di Hawaii pada dekade 1890-an setelah diperkenalkan di Sri Lanka pada tahun 1868.

5. Referensi perdana mengenai kacang Brazil berasal dari tahun 1569, tepatnya ketika seorang perwira Spanyol berpangkat kolonel mengumpulkan bahan makanan itu untuk memberi makan pasukannya. Kacang Brazil diperkenalkan di Eropa untuk pertama kalinya oleh pedagang Belanda pada akhir abad XVII.

6. Hanya sebagian kecil kacang-kacangan yang benar-benar kacang. Kacang 'sejati' adalah buah kering dengan satu biji, termasuk walnut, pecan, hazelnut, dan chestnut. Sisanya termasuk kacang tanah, mete, dan almond adalah benih.  (Nda)
Fakta Kacang-Kacangan Fakta Kacang-Kacangan Reviewed by Timexpose on Maret 20, 2017 Rating: 5