Hindari Ini Ketika Hidung Anda Merasa Tersumbat / Pilek




TIPS SEHAT - Apakah Sobat mengalami hidung tersumbat ? Hidung tersumbat adalah salah satu gejala gangguan pernafasan, penyumbatan dapat terjadi pada sebelah hidung ataupun kedua hidung. Penyebab hidung tersumbat antara lain karena penyakit ringan seperti flu dan infeksi sinus. Terjadinya peradangan pada lapisan rongga hidung dapat mengakibatkan susah bernafas.

 Sepertinya tidak ada orang yang tidak pernah mengalami hidung tersumbat, dan ketika mendapati hidung tersumbat pasti akan membuat Sobat risih karena ketika ingin tidur pulas, terkadang tidak bisa karena sulit bernafas.

Nah, bagi yang hidungnya merasa tersumbat, ada baiknya kalau memperhatikan dan berusaha menghindari di antaranya :

- Hindari susu dan produk dari susu.

 Walaupun pendapat yang menyatakan bahwa susu bisa membuat lendir menjadi semakin parah masih diperdebatkan, sebaiknya menghindarinya apabila Anda menganggap bahwa lendir tersebut menjadi semakin parah setelah mengonsumsi susu. Ini karena susu memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga lendir menjadi lebih kental dan semakin mengganggu.


- Hindari produk yang terbuat dari kedelai.

Meskipun banyak mengandung protein, produk yang terbuat dari kedelai, misalnya susu kedelai, tempe, dan tahu bisa meningkatkan kekentalan lendir dan menyebabkan lendir menumpuk di dalam dada. Jika ada pilihan lain, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang aman dan menghindari produk dari kedelai.

- Berhentilah merokok.

 Ini bisa dijadikan salah satu alasan (dari banyak alasan yang lain) untuk berhenti merokok apabila Anda belum melakukannya. Merokok bisa membuat tenggorokan iritasi, memperburuk fungsi pernapasan, dan membuat hidung Anda tersumbat.

Hindari penyebab iritasi yang lain misalnya cat atau bahan kimia berbau tajam. Cat dan cairan pembersih rumah tangga seperti amonia bisa membuat hidung dan tenggorokan Anda iritasi, sehingga produksi lendir akan bertambah. (sk)


Refrensi Online
Hindari Ini Ketika Hidung Anda Merasa Tersumbat / Pilek Hindari Ini Ketika Hidung Anda Merasa Tersumbat / Pilek Reviewed by Timexpose on Maret 26, 2017 Rating: 5