Banjir Nunukan, Akibat Malaysia Salah Urus Hulu Sungai?



NEWS,Kaltim - Warga di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur bersiap mengungsi setelah hujan deras melanda Sabah di wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia yang mengakibatkan meluapnya Sungai Sembakung, Sabtu (1/4/2017).

 Kepala Desa Ubol Alung Kecamatan Lumbis Ogong Muriono mengatakan, air sungai Sembakung mulai meluap sekitar pukul 08:00 Wita memantau hingga saat ini, terdapat setidaknya ratusan rumah di 4 kecamatan di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara telah terendam banjir.

Muriono mencatat, di desanya sekitar 50 rumah penduduk terendam air dengan ketinggian air bervariasi. Rumah penduduk yang merupakan rumah panggung mulai terendam dari lantai hingga atap rumah.
Karena itu, dia telah memerintahkan warga di desanya untuk segera mengevakuasi barang berharga mereka ke rumah kerabat yang masih aman.

Saat ini, tenda-tenda pengungsian mulai didirikan di hutan yang relatif agak jauh dari aliran sungai, mengingat ketinggian air yang terus bertambah di sekitar aliran Sungai Sembakung.

Sementara, warga dipastikan butuh selimut makanan dan obat obatan serta peralatan evakuasi, belum disiapkan.

Hulu Sungai Sembakung terletak di Malaysia, membelah wilayah Sabah dan mengalir dan bermuara di  Kabupaten Nunukan di wilayah Indonesia. (ndut)

Banjir Nunukan, Akibat Malaysia Salah Urus Hulu Sungai? Banjir Nunukan, Akibat Malaysia Salah Urus Hulu Sungai? Reviewed by Timexpose on April 01, 2017 Rating: 5