Manfaat Bermain Teater Bagi Anak yang Bikin Anda Layak Bangga

pujonkidul.jpg
Dok.foto : Sanggar Tari Tradisional " Sempuyun " Pujon - Malang

Sangkawi.com - Bisa jadi kita kurang mensuport pada anak atas bakat dan kelebihan mereka, karena kita belum memahami begitu pentingnya bakat, dan kelebihan mereka bila diasah. Misal, seperti dalam seni tari atau teater.

pujon.jpg
Sempuyun Pujon
pujon.jpg
Pujon Sempuyun


Bermain teater selain akan menyajikan satu yang membanggakan bagi kita sebagai Orangtua juga, akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak.
" Anak-anak yang biasanya suka canggung, minder, tidak akan kita dapati jika mereka telah bergabung dalam club bermain teater.  Selain mereka belajar bersosialisasi dengan rekan sehobynya, di atas panggung secara tidak langsung ia telah belajar berani menatap begitu banyak penonton. Rasa percaya diri ini akan meresapi kepribadian anak dalam kehidupan sehari-hari." Ungkap Mas Ade, saat diwawancarai Sangkawi.com seputar manfaat dunia sendratari bagi Anak, di kediamanya Krajan Desa Wisata Pujon Kidul, Pujon Malang.

 Hal ini diimbangi dengan pertumbuhan kemampuan anak berasosiasi, berimajinasi, daya pikir, daya empati, daya apresiasi, dan sebagainya, yang membuat anak sadar akan situasi sosial, nilai-nilai kebersamaan, nilai saling menghargai, dan lain-lain. " Lambat laun mereka akan menemukan sisih kesamaan, kecintaan, berpikir, berkreasi dan lain-lain. Yang akan didapat dengan bergabung dengan club atau sanggar yang menjadi wadah pengembangan bakatnya " Lanjut, Pembina puluhan siswa siswi pecinta seni dan budaya tradisional di Sanggar yang dirintisnya bersama rekan rekan penggiat seni. Sempuyun, beralamat di Dusun Sebaluh Desa Pandesari, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

pujon.jpg
Foto : Wisata Taman Budaya Pujon Kidul


Masih kata Mas Ade, dengan seni teater dapat digunakan mengembangkan "kecerdasan halus" anak. " Kita bisa  bandingkan dengan anak yang sehari-hari berada di depan hp dan game, dan tak bisa bersosialisasi dengan orang lain, sehingga kecerdasan emosionalnya tentunya maaf, amat tipis."

Lebih jauh, Pemerhati budaya tradisional kelahiran asli Desa Wisata Pujon Kidul yang akrab dengan Anak-anak ini menambahkan " Umumnya, anak-anak sanggar atau teater cukup menonjol di sekolah, baik kecerdasan maupun kepribadiannya. Rata-rata anak yang sering bermain teater dengan bagus di  atas panggung, prestasi belajarnya di sekolah pun akan sangat baik. Saya yakin dan telah mengamati hal itu "

 Selain itu, anak akan belajar mengambil hikmah dari setiap peran dan lakon yang dipentaskan. Biasanya teater mementaskan apa saja yang ada dalam kehidupan manusia dan alam. Dari sini anak akan belajar bagaimana hidup sebagai manusia dengan manusia lain secara manusiawi dan dapat hidup seimbang dengan alam.


Manfaat Bermain Teater Bagi Anak yang Bikin Anda Layak Bangga Manfaat Bermain Teater Bagi Anak yang Bikin Anda Layak Bangga Reviewed by Timexpose on Juni 09, 2018 Rating: 5