Danau Pink Satu - Satunya Di Dunia




PANORAMA - Danau Pink  merupakan salah satu danau yang berwarna pink di Middle Island, pulau terbesar dari pulau-pulau lain yang membentuk Kepulauan Recherche, Australia Barat. Danau tersebut memiliki air yang berwarna merah muda menyerupai warna permen karet. Keunikan itu membuat danau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Danau yang memiliki luas sepanjang 600 meter tersebut dikelilingi oleh pasir dan hutan lebat yang ditumbuhi pohon eucalyptus. Bukit-bukit pasir dan berbagai macam tumbuhan yang mengelilingi danau ini memisahkannya dari Samudra Selatan.

Dilansir Amusing Planet, tidak seperti danau berwarna pink atau merah muda yang ada di berbagai penjuru dunia lainnya, seperti danau Retba dan kolam garam di San Francisco Bay, sebab warna merah muda Danau Hillier masih menjadi misteri. Akan tetapi, spekulasi menyebut bahwa warna tersebut dapat muncul dari pewarna yang diproduksi organisme Dunaliella salina dan Halobacteria yang hidup di dalamnya.

Sementara hipotesis lainnya, warna merah muda tersebut muncul karena warna merah bakteri halophilic dan kerak garam yang terkandung di dalam air danau. Warna air danau ini bukanlah tipuan cahaya. Anda dapat membuktikannya dengan mengambil air dan menaruhnya di dalam wadah. Warna merah muda tersebut tetap dapat terlihat karena menetap permanen pada air danau.

Awalnya, danau merah muda ini ditemukan oleh Matthew Flinders, seorang navigator dan hydrographer asal Inggris. Pada tahun 1802, Flinders mendaki puncak tertinggi di tengah Pulau (sekarang dikenal sebagai puncak Flinders) untuk melakukan survei perairan di sekitarnya. Saat itu lah ia menemukan danau merah muda yang luar biasa ini. Namun sebelumnya, danau merah muda ini hampir tidak tersentuh. Kemudian setelah ditemukan, danau ini terus menerus didatangi oleh pengunjung yang penasaran akan salah satu keindahannya yang begitu menakjubkan di dunia ini.(co)
Danau Pink Satu - Satunya Di Dunia Danau Pink Satu - Satunya Di Dunia Reviewed by Timexpose on Maret 25, 2017 Rating: 5