Sesekali Mengajak Anak Ikut Mbolang? Kenapa Tidak



BUAH HATI - Mengenalkan alam kepada anak sejak dini, mampu membuat pertumbuhan dan perkembangan intelektualnya akan lebih cepat, karena disaat itulah  akan muncul rangsangan otak kearah yang signifikan.

Anak yang sudah dikenalkan dengan alam, ia akan cenderung lebih aktif daripada yang belum dikenalkan dengan alam, karena dengan begitu si anak akan merasakan ruang khusus yang luas untuk merasakan alam, menikmati alam, dan tentu akan membuatnya aktif.

 Dalam  penelitian para ahli menerangkan : "Bersentuhan langsung dengan alam, secara signifikan dapat mengurangi gejala ADD (Attention Deficit Disorder), pada anak-anak yang berumur 5 tahunan (Kuo and Taylor, 2004)". Gejala ADD timbul dengan tanda-tanda anak yang cenderung penakut, pendiam, dan tidak mudah bergaul dengan orang. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada anak kita bukan ?

Dengan bermain di alam bebas, kemampuan si anak  akan cenderung lebih cepat dalam penyelesaian masalah serta pengembangan intelektualnya. Kreatifitasnyapun juga akan cenderung naik daripada anak-anak yang bermain ditempat selain dialam.

Ketika si kecil diajak ke alam, maka secara langsung dia akan berinteraksi dengan alam dan tentu banyak orang, disini dia akan mulai beradaptasi dengan cepat terhadap orang-orang, dan belajar besosial. Dalam hal ini sang anak akan lebih mudah bergaul dan percaya diri, yang tentunya akan sangat berpengaruh untuk masa depannya.

Manfaat lain dari mengajak Anak bermain dialam menurut  beberapa kitab kuno yang pernah saya baca, juga menyebutkan dapat menyehatkan mata.

Adalah penting diantaranya melihat hijau-hijauan pepohonan. Hijaunya pepohonan yang rimbun adanya adalah dialam bebas. Selain akan mempertajam mata dan menyehatkan, dengan seringnya melihat alam bebas, mata akan terhindar dari penyakit seperti rabun jauh, rabun dekat, trakum, dll (American Academy of Ophthalmology, 2011). Disamping banyaknya pepohonan dapat juga menekan stres.

Memperkenalkan alam kepada anak secara langsung, akan sangat berperan penting dalam pengembangan intelektual, hal ini juga berpengaruh dalam pembentukan emosional, sosial, spiritual, dan fisik. Intinya memperkenalkan anak dialam juga akan dapat memunculkan sikap mandiri.

Apakah setelah mengetahui ragam manfaat di atas, Sahabat Bunda mulai tertarik mengajak si Buah Hati bermain dan memperkenalkan alam? (Nda)
Sesekali Mengajak Anak Ikut Mbolang? Kenapa Tidak Sesekali Mengajak Anak Ikut Mbolang? Kenapa Tidak Reviewed by Timexpose on Maret 16, 2017 Rating: 5