Melirik Sejarah dan Indahnya Tari Remo

Sangkawi.com - Tari Remo merupakan tarian tunggal tradisional klasik yang berasal dari Jombang, Jawa Timur dengan bentuk koreografi dramatik.
desa-pujonkidul.jpg
Foto :  Griya Tari dan Kreasi Seni SAHABAT CERIA
Desa Wisata Pujon Kidul, Pujon - Malang


Menurut sejarahnya, tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Ini berkaitan dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Pertunjukan tari remo umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Sehingga sisi kemaskulinan penari sangat dibutuhkan dalam menampilkan tarian ini. (Wikipedia)

Karakter yang paling utama dari Tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Salah satuciri khas yang paling utama dari Tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakan ini didukung dengan adanya lonceng-lonceng yang dipasang di pergelangan kaki. Lonceng ini berbunyi saat penari melangkah atau menghentak di panggung. Selain itu, gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda penari membuat tarian ini semakin menarik. Juga dari bentuk gerak dari Tari Remo mempunyai pola-pola gerak yang menggunakan tenaga yang banyak bertumpu pada kaki denganvariasi pada gerak tangan. Sedangkan gerakan tubuh relatif sedikit dilakukan dan terbatas pada pola gerak-gerak tertentu seperti gerakan pada lambung.

Gerakan-gerakan tangan dalam Tari Remo cenderung cepat, tegas dan patah-patah, tetapi terkendali oleh sikap tubuh bagian dada yang tegap dan tenang.

Pola gerak pada bagian kepala terlihat lebih dinamis karena pola yang digunakan adalah cepat dan patah-patah,  pandangan atau sorot mata yang tajam.
Dapat dicontohkan di sini adalah gerak  iket dan sabetan.

lket merupakan bentuk gerak penghubung yang menggunakan          pola ruang menyempit dengan garis yang kontras, sedangkan sabetan merupakan pengembangan dari iket dilanjutkan gerakan kaki dengan penggunaan tekanan  tenaga yang cepat dan berkesinambungan, dikombinasi dengan gerak kaki kanan       terangkat dan bergetar.

 Dengan demikian bahwa Tari Remo secara umum   mempunyai pola gerak yang bertumpu pada kaki dengan variasi gerak tangan  yang dinamis.
desapujonkidul.jpg
Foto : Griya Tari dan Kreasi Seni SAHABAT CERIA
Desa Wisata Pujon Kidul, Pujon - Malang



Sumber : Berbagai Refrensi Online
Melirik Sejarah dan Indahnya Tari Remo Melirik Sejarah dan Indahnya Tari Remo Reviewed by Timexpose on Agustus 10, 2018 Rating: 5