Hindari Minuman Berikut Saat Minum Obat



TIPS SEHAT - Untuk membantu agar obat masuk ke dalam tubuh, kita sering menggunakan minuman saat menenggak obat atau suplemen. Tetapi, tidak semua minuman cocok digabungkan dengan obat-obatan. Beberapa minuman justru dapat menetralkan obat tersebut sehingga tidak lagi berkhasiat bagi tubuh. Diantaranya:

> TEH DAN KOPI
Hindari meminumnya bersamaan dengan  suplemen yang mengandung kalsium, zat besi, atau magnesium. Minuman berkafein dapat mengurangi efektifitas bahan tersebut.

> MINUMAN KERAS
Sebenarnya tidak masalah bila meminumnya dengan obat antibiotik. Kecuali yang mengandung *metronidazole* (Anda terpaksa harus memindahkannya bila terlanjur meminumnya).

> SUSU
Hindari minum susu bersama obat yang harus di minum saat lambung kosong atau sebelum makan. Susu akan tinggal di lambung Anda hingga dua jam. Dan kandungan yang kaya kalsium akan menghalangi antibiotik seperti *tetracycline*.

> COLA
*Phosphoric acid* dalam minuman cola dapat merusak lapisan pelindung pil yang di desain khusus agar dapat tahan dengan enzim di dalam lambung. Pelindung pil ini seharusnya tetap efektif sampai ia masuk ke dalam usus kecil.

> JUS
*Flavonoid* yang terdapat dalam jus akan memperlama efek dari obat-obatan saat masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan begitu, akan timbul pula efek samping pada tubuh Anda.

Semoga bermanfaat.(Nda)
Hindari Minuman Berikut Saat Minum Obat Hindari Minuman Berikut Saat Minum Obat Reviewed by Timexpose on Maret 28, 2017 Rating: 5