Nyinyir dan Sinis Ternyata Dapat Sebabkan Pikun | KABAR ONLINE


Sangkawi.com - Dengki, Salah satu penyakit hati yang sering merasuki jiwa manusia dengan tidak mengenal golongan, pangkat, jabatan, keturunan dan usia baik laki-laki maupun  perempuan.

 Ketika seseorang mengharapkan lenyapnya nikmat dari orang yang didengki maka saat itu ia telah berlaku hasad, karena sesungguhnya kedengkian adalah membenci nikmat dan menginginkan lenyapnya nikmat itu dari orang yang mendapatkannya.

Tahu gak? Iri dan dengki adalah dua sifat buruk yang levelnya paling berbahaya dari sifat buruk manusia karena bisa meluas tidak ada batas berhentinya. Contoh, awalnya si iri dan dengki kesal kenapa saingannya lahir lebih beruntung misalnya terlahir orangtua berkecukupan sedangkan dirinya hidup susah terus-terusan. Lama-lama iri dan dengkinya meluas mulai ke hal-hal sepele, iri sama warna bajunya, iri sama sepatunya, bahkan garuk-garuk kepala dari orang yang dibencinya juga membuatnya nasteung. Si iri dan dengki akan terus mengintai semua kelemahan dari orang yang dibencinya kalo bisa mencelakakan orang yang dibencinya jadi sah dengandefence salah sendiri kenapa lu bikin gue iri dan dengki.

Sifat iri dan dengki menjadi bahan bakar emosi negatif yang akan terus on menyuburkan sikap sinis, dari mulai nyinyir sampai bisa berbuat jahat. Seperti yang pernah saya kutip, peneliti Dr Anna-Maija Tolppanen (1998) dari University of Eastern Finlandia mengingatkan berdasarkan hasil studinya, para haters yang memiliki gejala sinisme tingkat tinggi didapati mengidap demensia atau pikun setelah 10 tahun kemudian. Hal ini ditemukan pada 69 orang yang konsisten sinis dari total 622 partisipan yang menjadi sampel penelitiannya. Ditemukan kejiwaan orang sinis memiliki rasa percaya diri rendah, produktivitas rendah, dan rentan depresi sehingga cara membangun pertahanan diri untuk menutupi kelemahannya dengan melakukan katarsis dengan kadar sinis yang tinggi. Dari sini peneliti berani menyimpulkan orang-orang yang gampang sinis kepada orang lain berpeluang dua kali lebih besar untuk terkena penyakit pikun. Hal ini juga dibuktikan oleh Dr. Shigeo Haruyama, pakar kesehatan holistik yang menulis buku “The Miracle of Endorphin (2014)”, yang menggambarkan orang yang iri dan dengki sejalan dengan orang yang mudah marah, sedih, cemas, takut, otaknya akan mengeluarkan hormon racun yang merusak berbagai jaringan dalam tubuh manusia, yang dinamakan hormon Nor-Adrenalin. Iri dan dengki akan menyuburkan hormon racun yang membuat kerusakan dalam tubuh manusia juga semakin cepat. Hal ini juga menjadi jawaban, mengapa sifat negatif iri dan dengki banyak merusak sel-sel sehat dalam tubuh manusia.



Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu berkata, Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian saling dengki, jangan saling menipu, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi, dan jangan kalian membeli suatu barang yang (akan) dibeli orang. Jadilah kamu sekalian hamba-hamba Alloh yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, tidak layak untuk saling menzhalimi, berbohong kepadanya dan acuh kepadanya. Taqwa itu ada disini (beliau sambil menunjuk dadanya 3 kali). Cukuplah seseorang dikatakan jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Haram bagi seorang muslim dari muslim yang lainnya, darahnya, hartanya, dan harga dirinya” (HR. Muslim).


👍Fakta - Fakta Unik Baca Di Sini👍

Sumber Berbagai Artikel
Nyinyir dan Sinis Ternyata Dapat Sebabkan Pikun | KABAR ONLINE Nyinyir dan Sinis Ternyata Dapat Sebabkan Pikun | KABAR ONLINE Reviewed by Timexpose on Oktober 11, 2018 Rating: 5