Pujon Kidul Tempo Doeloe Dalam Catatan Sang Kawi

Kita sebagai warga  patut berbangga karena, Desa tercinta ini memiliki keindahan alam dan berbagai kebudayaan yang sangat mempesona. Pada umumnya banyak dari pemuda  yang enggan, bahkan memandang kebudayaan lokal sebagai budaya yang kuno.
Mereka menganggap di eraglobalisasi seperti saat ini kebudayaan  terkesan ketinggalan jaman, karena tidak mengikuti perkembangan jaman.

Akan tetapi beda dengan di sini....
Oleh karenanya sudah seharusnya saya sebagai warga berbangga, dengan mengetahui upaya melestarikan budaya serta mengingatkan betapa berharga dan pentingnya kebudayaan tradisional .

Kebudayaan tradisional yang begitu beragam, membuat Kampung halaman memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal maupun manca. bahkan bisa membuat tidak sedikit dari mereka tertarik untuk mempelajarinya. karena mereka beranggapan bahwa kesenian dan kebudayaan disini begitu unik, dan menarik untuk di pelajari. dan untuk itu  upaya bagaimana cara melestarikan kebudayaan tersebut terus di upayakan .

Upaya untuk pelestarian budaya, dari hasil pantauan di lapangan yang sementara dapat didokumentasikan, setelah melakukan penggalihan dengan penelusuran yang matang oleh para pelestari budaya adalah dengan dua cara :

1. culture experience
culture experience adalah pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara terjun langsung. seperti contoh masyarakat dianjurkan mempelajari tarian tradisional dengan baik, Busana, Makanan dan lain sebagainya,dengan memanfaatkan moment seperti HUT Desa. agar dalam setiap tahunnya tarian atau sajian ini dapat di tampilkan dan diperkenalkan pada khalayak dengan demikian selain dapat melestarikan budaya kita juga dapat memperkenalkan kebudayaan kita pada orang banyak.

2. culture knowledge
culture knowladge merupakan pelestarian budaya dengan cara membuat pusat informasi kebudayaan. sehingga mempermudah seseorang untuk mencari tahu tentang kebudayaan apa saja yang dulu pernah ada dan masih ada sampai sekarang. selain itu cara ini dapat menjadi sarana edukasi bagi para pelajar dan dapat pula menjadi sarana wisata bagi para wisatawan yang ingin mencari tahu serta ingin berkunjung , dengan mendapatkan informasi dari pusat informasi kebudayaan tersebut.
selain 2 hal tersebut upaya melestarikan kebudayaanjuga dengan cara sederhana berikut:

a. meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya lokal, dengan berpenampilan memakai pakaian adat jawa/ Surjan lurik/ Batik.
b. lebih mendorong kita untuk memaksimalkan potensi budaya lokal beserta pemberdayaan dan pelestariannya, dengan mengadakan tema budaya dalam iven HUT.
c. berusaha menghidupkan kemballi semangat toleransi kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi, dengan merangkul semua Warga, Tokoh Masyarakat, Sesepuh, Komunitas dan semuanya.
d. selalu mempertahankan budaya tradisional agar tidak punah, dengan mensupport baik materi maupun non materi.
e. mengusahakan agar semua orang mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal. oleh sebab itu  sebagai warga sudah selayaknya berbangga dengan berbagai keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang di miliki. dan sudah sepatutnya untuk melestarikan kebudayaan ini agar terus berkembang dan dapat di perkenalkan kepada seluruh dunia, mengingat keaneka ragaman kesenian, adat istiadat lokal, tradisi serta kearifan budaya tradisional yang berbeda-beda dalam membudayakanya.[sk]
Pujon Kidul Tempo Doeloe Dalam Catatan Sang Kawi Pujon Kidul Tempo Doeloe Dalam Catatan Sang Kawi Reviewed by Timexpose on Agustus 02, 2016 Rating: 5