Situs Purbakala Tertua Yang Ada di Kecamatan Pujon

BUDAYA - Di bawah ini adalah 2 situs peninggalan purbakala tertua yang ada di Pujon – Malang Barat, Jawa Timur. 

PRASASTI SEBALUH




Satu diantara pecahan batu prasasti yang tertumpuk dan ada di punden ringin Ki Ageng Seguh Segaluh, Dusun Sebaluh Desa Pandesari Kecamatan Pujon - Malang Barat

Prasasti yang ditemukan sejak jaman belanda ini, diduga dibuat pada zaman Majapahit.

Belum ada titik terang mengenai kejelasan, apa yang termuat dalam tulisan prasasti dari batu andesit tersebut. Akan tetapi pecahan - pecahan batu prasasti masih tersimpan dan dapat dilihat ketika berkunjung kesana.


SITUS WATU GILANG




Tatanan batu yang diperkirakan benteng peninggalan era kerajaan Singosari

Lokasi situs berada di puncak bukit, yang ada di lereng utara Gunung Ndorowati Desa Ngabab Pujon- Malang.

Diperkirakan di lokasi ini, Singosari mengalami kekalahan karena ada cerita yang menyatakan jika penyerangan Jayakatwang ke Singosari berjalan sukses menembus benteng pertahanan, yang sekarang disebut Watu Gilang.

Watu Gilang bisa ditempuh melalui Jalan Raya Kediri- Malang, menuju Pasar  Mantung. Di pertigaan Mantung, dari arah Malang belok kanan, kalau dari arah Kediri belok kiri, naik menuju Desa Ngabab. Dari sana, tanya saja Watu Gilang, maka tak lama akan datang tukang ojek menawarkan jasa.(hd)

      
Situs Purbakala Tertua Yang Ada di Kecamatan Pujon  Situs  Purbakala Tertua Yang Ada di Kecamatan Pujon Reviewed by Timexpose on Desember 19, 2016 Rating: 5