Batu Topaz Ciri dan Keistemewaan yang Dipercaya

Wacana - Batu topaz merupakan batu mulia yang termasuk paling banyak digunakan untuk cincin permata dan hiasan permata pada perhiasan lainnya seperti gelang, kalung dan liontin.



Selain memiliki kadar kekerasan 7 – 8 skala moch scale, kristal batu topaz ini tergolong cukup mendukung struktur fraktalnya untuk memancarkan kembali sinar yang diserap, sehingga keindahan kemilau cahaya khas dari sebuah permata dapat terlihat pada batu topaz.

Ciri Keaslian dan Kualitas Batu Topaz

Dalam menentukan ciri batu topaz harus memakai loop 10x khusus untuk topaz yang berkualitas VSI to IF dan ciri-ciri keaslian yang utama dari sebuah batu topaz adalah adanya serat halus selain serat kristal kasar dan inklusi (kotoran alami batu mulia). Sedangkan untuk kualitas ditentukan sebagai berikut:




Warna, warna yang lebih pekat seperti pada Swiss Blue Topaz dan London Blue Topaz semakin indah untuk dilihatCahaya, nyala cahaya dari dalam yang berkerlip di permukaan juga menjadi faktor penilaian keindahan batu topaz, cahaya yang tajam, menyala di seluruh bagian batu topaz dan berkilau atraktif merupakan ciri batu topaz berkualitas bagus.Kebeningan dan kebersihan, semakin bening semakin mudah batu topaz menyerap dan memancarkan cahaya yang anda dan semakin indah dilihat, hanya saja jika terlalu bening kita wajib cek dengan loop 10x apakah ada serat halus atau tidak karena jika tidak ada berarti itu bukan batu mulia namun merupakan batu imitasi dan cahayanya juga tidak atraktif, warna biasanya berkesan “mati”.Potongan dan Ukuran, potongan yang proporsional atau rapih juga menjadikan tolak ukur kualitas sebuah batu mulia dan ini juga berlaku di batu topaz. Ukuran yang lebih besar biasanya mempengaruhi ke harga, karena batu mulia tidak seperti emas yang mana tidak bisa di lebur dan dijadikan lebih besar.Struktur Fraktal, struktur fraktal yang lebih padat atau lebih kecil dan rapih tentu menambah keindahan pencahayaan nyala luster di dalam dan otomatis menjadikan batu topaz tersebut semakin atraktif kerlipan cahayanya.



Secara garis besar beberapa ciri topaz asli dapat dikenali dengan beberapa kriteria berikut: memiliki serat halus disamping serat kristal dan kotoran asli dari batu mulia(inklusi). Sobat pembaca rahasia batu mulia, Sedangkan untuk menentukan tingkat kualitas batu topaz bisa di lihat dari warnanya, tingkat kilau cahaya yang ditimbulkannya (perlu diketahui bila kilau cahaya yang terpantul merata ke seluruh batu maka bisa dikatakan batu topaz tersebut memiliki kualitas yang bagus), kebersihan dan kebeningan juga berpengaruh, bila batu topaz memiliki warna bening yang aktratif maka bisa di pastikan bahwa batu tersebut memiliki kualitas baik.



Selain memiliki warna yang memikat dan tingkat kekerasan yang tinggi, batu topaz juga dipercaya memiliki tuah, daya magis atau mistis bagi siapapun yang memilikinya. Melihat dari namanya, batu topaz dalam bahasa sangsekerta memiliki arti "API", yang mana di percaya bahwa batu ini memiliki kekuatan untuk mengendalikan amarah / emosi. Bahkan pada jaman kerajaan dulu kala, batu ini diyakini memiliki kekuatan untuk menambah wibawa, karena raja-raja jaman dahulu banyak yang menggunakan batu ini untuk memperindah perhiasan mereka.

Manfaat atau khasiat lain batu topaz adalah dipercaya  bisa di gunakan untuk membantu proses penyembuhan, meningkatkan daya ingat dan memiliki kekuatan batin yang tinggi.



Sumber : Berbagai refrensi
Batu Topaz Ciri dan Keistemewaan yang Dipercaya Batu Topaz Ciri dan Keistemewaan yang Dipercaya Reviewed by Timexpose on Desember 21, 2016 Rating: 5