Mengenal Batu Intan dan Keistimewaanya

Wacana -  Intan merupakan bahan mentah dari berlian. Sebelum menjadi berlian yang siap dipakai atau dijual, intan diolah sedemikian rupa terlebih dahulu. Oleh karena itulah, karakteristik intan dan berlian secara umum hampir serupa.

Salah satu karakteristik dari intan atau berlian yang sangat mencolok adalah tingkat kekerasan. Intan memiliki tingkat kekerasan pada skala 9 hingga 10 Mohs. Ini menjadikan Intan atau juga Berlian sebagai batu Permata yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara jenis batu Permata lain.


Tingkat kekerasan yang cukup tinggi itu pula yang membuat Intan atau Berlian menjadi tahan lama. Kekerasan yang dimiliki Intan ini pula yang membuat bahan lain takkan bisa menggores batu ini. Bahkan benda sekeras besi atau baja dipercaya tak bisa meninggalkan goresan pada Intan dan Berlian.

Tingkat kekerasan yang dimiliki Intan atau Berlian juga sangat berguna ketika kita ingin memeriksa keaslian sebuah Intan atau Berlian. Jika digores dengan benda lain batu Intan atau Berlian tersebut rusak atau tergores, maka dipastikan batu tersebut adalah palsu atau imitasi.

Namun demikian, walaupun memiliki nilai yang tinggi sebagai jenis batu mulia, ternyata intan atau berlian ini merupakan salah satu bahan utama yang sering dipergunakan dalam bidang industry. Penasaran kan? Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dari intan :

 Sejak daman dahulu, intan atau berlian selalu menjadi primadona dalam hal aksesoris dan perhiasan. Meskipun perhiasan yang bertahtakan intan berlian ini memiliki harga yang tergolong tinggi, namun banyak sekali orang yang berebut untuk memiliki perhiasan yang bertahtakan intan berlian. Biasanya orang memilih jenisperhiasan yang memiliki berlian karena banyak hal, antara lain :

Bentuk batu intan atau berlian yang cantik dan menarik
Meningkatkan gengsi seseorang
Biasanya, intan disematkan ke dalam berbagai jenis perhiasan, terutama pada perhiasan yang dibuat dari emas. Berikut ini pemanfaatan intan sebagai perhiasan :

Sebagai mata batu cincin
Liontin pada kalung
Hiasan pada gelang
Hiasan anting
Hiasan pada aksesoris lainnya, seperti kacamata, ikat pinggang dan tas tangan
Koleksi



Selain memanfaatkan intan berlian sebagai perhiasan dan juga untuk meningkatkan prestise atau gengsi, biasnya orang – orang memiliki Intan sebagai salah satu benda koleksi mereka. Sama seperti jenis benda koleksi lainnya, biasanya orang – orang mengkoleksi berlian dan intan karena memang suka dengan bentuk dan kemewahan dari intan itu sendiri. Biasanya mereka yang mengoleksi intan dan berlian tidak hanya menyimpannya dalam bentuk perhiasan, namun juga menyimpannya dalm bentuk berlian utuh, yang belum dipasangkan pada jenis perhiasan.


Untuk memperoleh berlian membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Begitu pula untuk menjualnya. Beberapa orang senang memanfaatkan berlian sebagai sumber investasi mereka. sama seperti semas, berlian atau intan juga memiliki sertifikat khusus, sehingga intan dapat menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Selain itu dengan harga pasar yang stabil, intan juga dapat menjadi alternative bagi anda dalam melakukan investasi.

Mendatangkan keberuntungan, yang namanya manusia, terutama pada masyarakat yang masih kuat sistem adatnya seperti di Indonesia, pastilah masih menganggap bahwa beberapa benda yang ada di dunia ini memiliki arti dan khasiat khusus yang special. Begitu pula dengan intan. Intan dipercaya oleh beberapa golongan masyarakat sebagi pembawa keberuntungan atau hoki bagi siap saja yang memilikinya. Dengan kepercayaan ini, maka banyak orang yang mencari dan ingin memiliki intan, walaupun memiliki harga yang sangat tinggi.

Menunjukkan status sosial,sponsored links.
Sudah pernah disinggung sebelumnya, penggunaan intan dapat menunjukkan kelas sosial sesorang. Harga beli intan yang sangat tinggi membuat tidak sembarang orang dapat memilikinya. Lupakan gelang dan kalung emas, harga intan jauh lebih tinggi dari harga gelang dan kalung emas biasa. Maka dari itu, banyak sekali, walaupun tidak semua orang – orang yang menggunakan berlian untuk menunjukkan status sosial mereka, dan menjadi ajang pamer kekayaan serta kemampuan.selain itu, intan juga sering dimanfaatkan untuk :

Meningkatkan gengsi, pamor dan prestige seseorang.
Membuat orang menjadi lebih dihormati karena memiliki statu sosial yang tinggi

Yang terakhir intan secara alami dapat mengusir energy negative dan aura negative.
Yap, manfaat lain dari intan berlian ini adalah sebagai pengusir aura dan energy negative pada pemiliknya. Sama seperti pembawa keberuntungan, hal ini merupakan suatu bentuk kepercayaan, yang memang sulit dibuktikan secara ilmiah kebenarannya. Namun beberapa orang percaya bahwa dengan memilik dan menggunakan intan, maka aura dan energy negative yang ada di dalam tubuh dan berada di sekitar tubuh akan lenyap dan hilang. Wallohu a'lam


Mengenal Batu Intan dan Keistimewaanya Mengenal Batu Intan dan Keistimewaanya Reviewed by Timexpose on Desember 15, 2016 Rating: 5