Persib Boyong Michael Essien



Sport - Mantan gelandang Chelsea, Michael Essien, menjadi bagian dari Persib Bandung. Berkostum  jersey biru bernomor punggung 5 sudah diboyong manajer Persib Bandung ke Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung kemarin, Selasa (14/03/2017).
Kedatangan Michael Essien ke Bandung ini seolah menjadi kado kejutan ulang tahun Persib Bandung ke-84.
Essien yang mengenakan celana pendek dan kaos polos berwarna putih datang bersama Manajer Persib Umuh Muhtar dan agennya.

Para peliput Persib yang sudah menunggu sejak pagi di Graha Persib, langsung berebut mengabadikan Essien yang baru turun dari mobil. Ia sempat berhenti beberapa saat dan mengacungkan jempolnya kepada awak media sembari ditemani Umuh.
"Hallo," ujar Essien sambil tersenyum lebar. Tapi tak ada kata lain yang diucapkan Essien setelahnya selain tersenyum.
Oleh manajemen, pemain yang pernah memperkuat Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu langsung digiring ke lantai 3 Graha Persib untuk melakukan pertemuan tertutup.
Lalu berapakah harga transfer Essien ini? Dipastikan, Essien menjadi pemain dengan nilai jual termahal. Nilai pasar dia dua kali lebih besar dari pada striker Sergio van Dijk. Perbandingan tersebut berdasarkan market value kedua pemain sebagaimana dicatat Transfermarkt.

Nilai pasar Essien, si bintang bola asal Ghana saat ini adalah 800.000 euro atau sekitar Rp11,3 miliar. Nilai gelandang berusia 34 tahun berselisih 450.000 euro dari Van Dijk. Nilai pasar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut adalah 350.000 euro atau sekitar Rp4,9 miliar.

Wajar nilai pasar Essien bisa mahal, dan Persib Bandung akan memberikan nilai kontrak yang fantastis untuk Essien.
Hal tersebut tidak terlepas dari pengalamannya di level Eropa.
Dia tercatat pernah memperkuat Bastia, Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos. Di Liga Inggris, pemain yang dijuluki banteng ini dua kali merasakan juara Liga Inggris bersama Chelsea. Tidak hanya itu, Essien juga merasakan empat kali juara Piala FA dan satu kali Piala Liga Inggris.
Yang paling fenomenal adalah ketika Essien mengangkat trofi Liga Champions bersama Chelsea pada tahun 2012. Essien juga pernah menelan pahitnya kekalahan bersama Chelsea kala adu penati melawan Manchester United di final Liga Champions 2008.

Walau begitu, total trofi yang  dipeluknya berjumlah 14 buah  di ajang sepak bola Eropa yang pernah dirasakannya.
Pesepak bola asal Ghana ini pun pernah merasakan gelar Community Shield sebanyak dua kali.

Saat masih berseragam Lyon pun Essien berhasil membantu timnya meraih dua kali gelar Liga Prancis pada tahun 2004 dan 2005. Tak lupa trofi Super Cup Prancis pun pernah dirasakannya.
Meski hanya satu musim bermain di Madrid, Essien berhasil memboyong gelar Copa del Rey pada tahun 2013.(wik)
Persib Boyong Michael Essien  Persib Boyong Michael Essien Reviewed by Timexpose on Maret 15, 2017 Rating: 5