Tidak Ingin Sia - Sia Bertutur Kata ? Pahami Ini Jika Anda Pandai



MANFAAT - Dalam ilmu komunikasi, suatu komunikasi dikatakan efektif apabila sang penerima pesan memiliki pemahaman yang sama dengan sang pemberi pesan. Tidaklah tepat jika dikatakan seseorang adalah ahli berkomunikasi jika kata-kata yang digunakan menggunakan istilah ini-itu apalagi bercampur dengan istilah bahasa asing. Tetapi, bagaimana seseorang bisa menyederhanakan kalimat sulit agar bisa dimengerti bahkan oleh anak-anak sekalipun, itulah inti dari ilmu komunikasi.

Ilmu komunikasi menuntut seorang komunikator (pengirim pesan) mampu “membungkus” pesan secara baik sehingga dapat dipahami oleh pendengar atau pembaca. Pemahaman penerima pesan inilah yang ingin dicapai pertama kali seorang komunikator. Pemahaman menjadi langkah awal bagi pengiklan mempengaruhi orang untuk membeli produk klien mereka. Pemahaman ini adalah tujuan sebuah berita dibaca atau ditonton. Pemahaman inilah yang berusaha dicapai oleh praktisi PR dalam membangun citra perusahaannya. Bukan dengan istilah rumit, tetapi penyederhanaan.

Menggunakan kalimat yang halus dan penuh hikmah, maka kebenaran yang kita sampaikan akan lebih bersayap dan lebih mudah dimengerti ketimbang bahasa yang terlalu ilmiah dan memerlukan analisa lama untuk mengerti.

Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak semua orang mengecap pendidikan yang baik. kalaupun iya,belum tentu juga dia belajar dan menyimpan perbendaharaan kata demikian. Dan tidak semua orang gemar membaca.

Jika sasaran kita adalah masyarakat yang sudah mengecap berbagai kata tersebut entah itu dibangku pendidikan ataupun dengan banyak membaca, yah woles saja. Namun, bagaimana dengan kalangan masyarakat yang kemudian tidak pernah membaca ataupun mendapat pendidikan yang baik ? mungkin mereka tidak akan mengerti apa yang kita sampaikan.

Apakan ketika kita menyampaikan sesuatu yang tidak mereka mengerti karena kita tidak bisa menyederhanakan bahasa lantas kita akan menyalakan mereka karena tidak mengerti ?

TENTU TIDAK !!!

Jika ada masyarakat yang tidak mengerti dengan gaya bahasa kita, maka jangan salahkan masyarakat.

INGAT !!! seorang ahli adalah orang yang dapat membuat sesuatu yang rumit menjadi mudah dipahami. Bukan sebaliknya malah membuat sesuatu itu terlihat rumit secara totalitas.

apa daya jika kita yang sudah menyampaikannya dengan banyak dan penuh percaya diri, namun tidak dimengerti oleh yang mendengarkan apa yang kita sampaikan. Bukankah itu SIA-SIA ?

Bisa dikata itu tidak sia-sia. Namun akan beda hasilnya jika menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
Tidak Ingin Sia - Sia Bertutur Kata ? Pahami Ini Jika Anda Pandai Tidak Ingin Sia - Sia Bertutur Kata ? Pahami Ini Jika Anda Pandai Reviewed by Timexpose on Maret 17, 2017 Rating: 5