Menelaah Simbol Energi & Kehidupan Dalam Pandangan Islam


SPIRITUAL -  Manusia adalah sebuah alam dari seluruh alam ciptaanNya. hanya kepada manusialah Allah menyerahkan seluruh alam semesta ciptaanNya untuk diolah, dimanfaatkan karena manusia adalah makhluk yang termulia di muka bumi ini.

Sungguh pelajaran yang sangat berharga bisa kita rasakan, manakala semakin kita mau merenungi dan fikirkan akan kebesaran Allah.

Alam semesta beserta seluruh misteri didalamnya adalah simbol kemaha adaan Allah Sang Khaliq.

Allah berfirman dalam surat Albaqoroh: 164

“Sesungguhnya tentang kejadian langit dan bumi, peredaran malam dan siang, kapal yang berlayar dilautan membawa barang-barang yang berfaedah bagi manusia, hujan yang diturunkan Allah dari langit yang dengannya (dengan air hujan tersebut) dihidupkanNya dengannya bumi yang telah mati dan berkeliaran atasnya tiap-tiap yang melata , angin yang bertiup dan awan yang terbentang antara langit dan bumi, Sesungguhnya semua itu merupakan ayat-ayat / simbol-simbol/ tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”

Sebagai makhluk termulia yang menjadi pengemban amanat Ilahi di alam ini, banyak pekerjaan yang harus dikerjakan beserta seluruh persoalannya.

Perlu diakui bahwasanya banyak sekali nilai hidup yang sulit diucapkan dengan kata-kata, bahkan aktifitas hidup dan kehidupan yang sulit  dinyatakan dengan indera kita, tetapi mudah dilukiskan dalam bentuk simbol.

“Manusia adalah makhluk yang bersimbol,makhluk yang pandai menggunaaakan simbol untuk menyatakan perasaannya.”
 ( Depag: Hikmah Ibadah Haji : Halaman 6)


Hampir keseluruhannya lebih memilih dalam menyatakan setiap kehendak atau pernyataan diri dengan simbol- simbol dalam aktifitas kehidupan. Ambil contoh : negara-negara di dunia ini mempunyai bendara, lambang negara dst, bila ada yang mengatakan bahwa simbol-simbol termasuk bendera adalah musyrik, maka izinkan saya bertanya, adakah benda yang musyrik ?

Syirik adalah sifat yang melekat pada seseorang, musyrik adalah subjeknya, dan yang bisa musyrik itu manusianya, bukan benda, bahkan Ka`bah bagi umat Islam merupakan simbol persatuan dan kesatuan , Huruf hijaiyah merupakan hasil budi daya manusia (ciptaan manusia) dan bila dituliskan Alif lam Lam Ha menjadi nama yang sangat berarti bagi kaum muslimin di seluruh dunia , semuanya merupakan simbol, apakah ini musyrik ?

Sumber : dari berbagai refrensi online
Menelaah Simbol Energi & Kehidupan Dalam Pandangan Islam Menelaah Simbol Energi & Kehidupan Dalam Pandangan Islam Reviewed by Timexpose on Maret 17, 2017 Rating: 5