Resep Membuat Kue Klepon



KULINER - Sahabat Bunda, Kue klepon merupakan salah satu jajanan tradisional yang  tidak asing tentunya, baik tampilan ataupun rasanya. Dan resep kue tradisional yang satu ini adalah cukup sederhana.

Apalagi tampilannya aneka warna, tentun ini sangat mengundang selera.  Dengan balutan kelapa muda parut akan melengkapi enaknya rasa kue klepon.

Yang perlu di ingat adalah gunakan pewarna khusus untuk makanan dan jangan menggunakan pewarna sintetis karena sangat berbahaya untuk kesehatan. Untuk membuat tampilan kue klepon warna warni ini sahabat bisa  pilih warna warna yang menarik sesuai keinginan.

Bagaimana? Apakah Sahabat tertarik membuatnya..
Baiklah, saatnya Bunda bagikan cara membuat kue klepon selengkapnya :

Bahan bahan untuk membuat kue klepon warna warni

500 gram tepung ketan50 ml santan kentalBeberapa tetes pasta pandan ( warna hijau ), anda bisa menggunakan warna lainnya hingga beberapa warna.½ sendok teh garam halus.Air bersih secukupnya.

Bahan untuk isian

½ butir kelapa muda ( di parut menyerong ) )200 gram gula merah irisGaram secukupnya

Bahan rebusan

Air : sesuaikan dengan panci bundadaun pandan : 2 hingga 3 lembar ( di ikat )

Cara membuat kue klepon

Langkah pertama yakni kukus kelapa muda parut hingga matang, sekitar 5 hingga 10 menit, lantas tambahkan sedikit garam lalu simpan dalam wadah untuk sementara waktu.

Sekarang campurkan ( tepung ketan, santan kental, sedikit garam ) lalu aduk aduk hingga bercampur rata. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan. Usahakan adonan bunda bisa dibulatkan ( jangan sampai terlalu lembek ).Bagi adonan beberapa bagian ( sesuai dengan warna yang bunda inginkan )Sekarang buat bulatan bulatan seukuran jempol atau bola bekel. Ulangi hingga semua adonan menjadi bulatan bulatan.

Selanjutnya pipihkan adonan dan masukkan isiannya secukupnya lantas tutup kembali. Ulangi hingga adonan habis.
 Terakhir rebus air secukupnya dengan panci ukuran sedang, masukkan juga satu ikat daun pandan.Tunggu hingga air mendidih, lantas masukkan adonan bikinan sahabat bunda tadi.Tunggu beberapa saat hingga bulatan menyembul keatas ( mengambang / mengapung ) dan berarti kue klepon telah matang.

Angkat dan taruh diatas kelapa muda parut, lantas gulung gulung hingga semua permukaan tertutup rata dengan kelapa parut.
Kue kleponpun siap dinikmati. Nyam - nyaaam.....
Resep Membuat Kue Klepon Resep Membuat Kue Klepon Reviewed by Timexpose on Maret 14, 2017 Rating: 5